Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Konsultasi ke Klinik Dokter Umum

Ketika anda mengalami gejala penyakit yang sudah berlangsung beberapa hari, maka anda perlu untuk memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter umum. Anda bisa menuju ke rumah sakit, puskesmas, atau klinik dokter umum untuk menanyakan sebenarnya penyakit apa yang anda derita. Sebelum melakukan pemeriksaan, ada baiknya anda menyiapkan beberapa hal.

 

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Periksa ke Dokter Umum

klinik dokter

1. Menuliskan Berbagai Gejala yang Dialami

Dengan menuliskan gejala yang anda alami, maka dokter akan lebih cepat dalam melakukan diagnosis. Hal ini juga dapat membuat waktu pemeriksaan anda menjadi lebih singkat, sehingga anda bisa langsung mendapatkan penanganan atau pemberian obat sesuai diagnosa dari gejala yang anda alami.

 

2. Membuat Daftar Pertanyaan

Tidak ada salahnya anda membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada dokter, baik itu yang berkaitan dengan gejala yang dialami atau tidak. Anda bisa mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan gejala yang anda alami. Kemudian, hal itu dapat anda tanyakan kepada dokter apakah ada kemungkinan anda mengalami penyakit itu atau tidak.

Jawaban yang anda terima ketika di klinik dokter umum bisa menambah wawasan terkait dengan hal lain yang masih berhubungan dengan penyakit anda. Dengan begitu, anda bisa melakukan pencegahan mandiri untuk menghindari munculnya penyakit lain dengan melakukan saran-saran dari dokter.

 

3. Mencatat Obat yang Sedang Dikonsumsi

Mungkin anda sudah mengonsumsi beberapa obat sebelum melakukan pemeriksaan atau anda pernah mengalami alergi terhadap obat tertentu. Hal tersebut harus anda sampaikan kepada dokter supaya dokter memberikan obat yang tepat untuk anda. Sebab, beberapa obat akan menimbulkan efek buruk jika dikonsumsi secara bersamaan.

 

4. Membawa Laporan Pemeriksaan yang Sudah Pernah Dilakukan

Ketika melakukan pemeriksaan, anda juga bisa menyertakan laporan kesehatan yang anda miliki sebelumnya. Bagi dokter, hal tersebut akan sangat membantu untuk mendiagnosa jenis penyakit yang anda alami. Penyakit tersebut juga mungkin masih memiliki keterkaitan dengan penyakit lain yang pernah anda derita sebelumnya.

 

5. Pastikan Membawa Kartu Asuransi Kesehatan

Bagi anda yang memiliki kartu asuransi kesehatan, sebaiknya anda bawa serta ketika melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, puskesmas, atau klinik dokter umum. Asuransi kesehatan yang anda miliki akan lebih memudahkan anda dalam urusan administrasi dan pembiayaan.

 

6. Mengajak Keluarga atau Rekan

Anda bisa mengajak sanak saudara atau rekan ketika melakukan pemeriksaan. Hal ini dimaksudkan supaya ada orang lain yang mengerti bagaimana kondisi anda dan bisa menjadi pengingat jika anda lalai untuk mengonsumsi obat atau anda tidak menjalankan saran dari dokter dengan baik.

Dalam melakukan pemeriksaan ke dokter umum, gunakan waktu sebaik mungkin untuk menyimak apa pun yang disampaikan oleh dokter dan saran-saran yang diberikan. Ikuti saran tersebut dengan baik guna memulihkan kondisi kesehatan anda supaya tidak lagi terserang penyakit yang sama.

Leave a Comment